Cara Instal MIUI 10 di hp Xiaomi Redmi Note 4X tanpa menggunakan PC


Hello sobat, akhirnya saya post lagi, dan sekarang blognya sudah berganti nama jadi "Berizikh" sesuai nama saya hehe... 

Oke langsung saja ke topik utama dari post kali ini, yaitu tutorial instalasi MIUI 10 di hp Xiaomi Redmi Note 4X tanpa menggunakan PC. Sebenarnya tutorial ini tidak berbeda dengan tutorial instalasi MIUI 10 pada Redmi 4X, tapi supaya lebih menjelaskan maka saya membuat tutorial terpisah. 

Seperti biasa sebelum memulai tutorialnya, saya tekankan bahwa "Berizikh tidak bertanggung jawab atas masalah atau kerusakan yang mungkin teradi selama atau setelah instalasi" jadi mohon berhati-hati.

Berikut adalah persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan instalasi MIUI 10 di hp Xiaomi Redmi Note 4X.
  1. Backup semua data seperti kontak, file dokumen, dan galeri sebelum melakukan instalasi. Ini sangat penting karena semua data akan terhapus setelah instalasi selesai (biasanya).
  2. Download ROM atau firmware MIUI 10 Developer Version untuk Redmi Note 4X. Tersedia pada link disini. Keuntungan dari menggunakan ROM versi developer ini adalah kita bisa mendapatkan fitur terbaru lebih awal dari MIUI dibandingkan MIUI versi global stable. ROM versi ini juga selalu mendapatkan update minor setiap minggu untuk memperbaiki bug yang bisa saa ditemukan.
  3. Pastikan hp sobat punya hp minimal 50 - 70 persen supaya tidak teradi hal yang tidak diinginkan.
Setelah semua persiapan sudah dilakukan, kita beralih pada proses instalasi. Karena instalasi MIUI 10 pada Redmi Note 4X tanpa menggunakan PC sama dengan proses instalasi pada Redmi 4X, mohon maaf gambar yang saya gunakan adalah dari tutorial Redmi 4X. Oke langsung saja.
  1. Buat folder "downloaded_rom" pada file manager lalu pindahkan ROM yang sudah di-download tadi pada folder tersebut. Ini sebenarnya opsional, namun untuk menghidari terjadinya galat (error), sebaiknya lakukan saja.
  2. Setelah itu masuk pada menu Setting>About Phone>System Updates lalu cari menu opsi berupa tiga titik menurun pada bagian pojok kanan atas layar. Klik "Choose update package" seperti pada gambar.
  3. Setelah itu sobat akan diarahkan pada File Manager, cari ROM yang sudah di-download yaitu pada folder "downloaded_rom", lalu kemudian klik pada ROM tersebut.
  4. Kemudian proses instalasi akan berjalan. Ikuti intruksi selanjutnya sesuai proses instalasi tersebut berjalan. Setelah beberapa saat proses berjalan, hp sobat akan restart dengan sendirinya. Tunggu hingga semua proses selesai yang memakan waktu kurang lebih 20 - 30 menit.
  5. Setelah semua proses instalasi selesai, silahkan setup ulang hp sobat seperti mengatur penggunaan kartu SIM, login akun Google, Mi Account, dan Fingerprint.
Tutorial ini dapat dilakukan untuk semua tipe hp Xiaomi yang bersistem operasi MIUI. Namun tentunya ROM yang digunakan berbeda-beda. Selain itu tidak atau belum semua tipe hp Xiaomi sudah mendapatkan update ke MIUI 10. Jika sobat ingin melakukan cara ini di hp sobat yang berbeda tipe, sobat bisa download ROM sesuai tipe hpnya disini.

Berikut adalah penampakan MIUI 10 yang menurut saya memiliki tampilan yang lebih fresh dari versi sebelumnya.



Comments

Read other articles

TOSHIBA Pro Theatre L4300, Canggih dan Menghibur (Review TV TOSHIBA Pro Theatre L4300)