Perbedaan MIUI versi Global, Developer Global, Chinese, dan Chinese Developer


Hello sobat berizikh, semoga selalu sehat. Sepertinya minggu ini adalah edisi bagi merk Xiaomi, begitu pula dengan tulisan saya kali ini yang juga akan mengangkat topik mengenai Xiaomi. Tapi tidak seperti tulisan sebelumnya yang membahas mengenai tutorial instalasi MIUI 10, kali ini saya akan membagikan informasi seputar Perbedaan MIUI versi Global, Global Developer, Chinese, dan Chinese Developer serta kegunaan dari perbedaan ROM tersebut.


Sebelum saya mulai ke topik utama, saya ingin cerita sedikit mengenai hal yang tengah saya alami. Sedikit merasa sedih karena pengunjung blog saya berkurang, mungkin karena blog saya baru saja berganti nama jadi saya harus mengatur kembali pengaturan SEO dari blog saya. Jadi selain membaca, tolong bantu share artikel dari blog ini ya, supaya blog ini dapat berkembang terus dan dapat bermanfaat bagi orang banyak.


Oke langsung aja ke topik utama. Kita tahu bahwa Xiaomi saat ini sedang naik daun, bahkan setiap produk yang mereka rilis seperti secara otomatis akan laku di pasaran, khususnya di pasar Indonesia. Alasan kenapa Xiaomi begitu fenomenal, selain harga produk yang dibandrol di bawah harga rata-rata merk lain, produk mereka juga menawarkan spesifikasi yang lebih unggul dari merk lain. Maka dari itu tidak heran Xiaomi dapat begitu mudah mengambil hati masyarakat, khususnya Indonesia.


Selain itu salah satu yang menjadi unggul dari produk Xiaomi adalah MIUI nya. Menurut saya sebagai pengguna produk Xiaomi merasa sangat senang karena Xiaomi selalu memberikan perhatian disetiap aspek termasuk update software. Bahkan update software MIUI bukan hanya diberikan secara rutin untuk seri flagship saja, Xiaomi juga memerhatikan update software untuk produknya yang menyasar kelas bawah sekalipun, termasuk juga produk-produk mereka yang sudah memiliki umur cukup lama.


Berbicara soal MIUI, nah MIUI ini punya beberapa versi ni sob. Ada versi Global, Global Developer, Chinese, dan juga ada versi Chinese Developer. Dari keempat versi ini, apa sih perbedaannya dan kenapa harus dibedakan? Berikut adalah perbedaan versi MIUI menurut Berizikh.

  1. MIUI Chinese Stable Version

    Pertama adalah MIUI versi Chinese. Seperti namanya, ROM versi ini ditujukan untuk semua produk Xiaomi yang beredar di Cina. Selain itu, versi ini tidak memiliki layanan aplikasi dari Google seperti Play Store dan aplikasi google lainnya, sebagai gantinya Xiaomi menyediakan aplikasi store nya sendiri. Versi ini juga biasanya memiliki fitur yang terkadang tidak ada di versi Global. Kemudian untuk masalah update software, versi ini biasanya mendapatkan update lebih dulu daripada versi Global, namun tentunya jika kita menggunakan MIUI versi ini tentunya harus sedikit menyesuaikan diri, terlebih lagi dengan kondisi lingkungan yang pastinya tidak mendukung, butuh kesabaran lebih untuk menghadapi situasi seperti itu. Nah untuk produknya, ada beberapa produk Xiaomi yang hanya seharusnya hanya dijual untuk pasar Cina saja dan tentunya hanya tersedia MIUI versi Cina untuk produk tersebut. Jadi sebelum membeli, teliti terlebih dahulu, jangan sampai tergiur embel-embel ROM Global yang ditawarkan oleh penjual padahal sebenarnya itu adalah ROM abal-abal.
  2. MIUI Chinese Developer Version

    Masih sejenis ROM versi Cina, versi MIUI yang kedua adalah MIUI Chinese Developer Version. Sama halnya dengan versi Cina, ROM ini diperuntukan untuk pasar Cina hanya saja ROM ini bukanlah versi stable dari MIUI melainkan versi yang masih tahap Beta atau dalam pengembangan. ROM ini biasanya membawa update yang lebih awal lagi daripada ROM versi stable, namun dikarenakan versi Beta, tentunya ROM versi Developer tidak luput dari bug yang kadang ditemua. Tapi dengan adanya bug tidak membuat para developer diam begitu saja, setiap minggu developer akan merilis update minor untuk memperbaiki bug dan menambah beberapa fitur baru. Baik versi Stable maupun Developer dari MIUI versi Chinese ini tidak memiliki fitur bahasa selain pilihan bahasa Mandarin dan Inggris.
  3. MIUI Global Stable Version

    Versi MIUI yang ketiga adalah versi Global Stable yang biasa kita jumpai di produk-produk Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia dan negara lainnya selain Cina. Jika pada versi Cina tidak ada aplikasi atau layanan dari Google, versi Global Stable telah dilengkapi dengan layanan dari Google seperti Play Store, Gmail, Youtube, dan sebagainya. Selain itu versi ini juga telah dilengkapi dengan bahasa yang lebih lengkap dari versi Cina karena memang MIUI versi ini diperuntukan untuk pasar Global. Kekurangan dari MIUI versi ini adalah biasanya mendapatkan update software terakhir dari versi lainnya. Jadi harap bersabar jika sobat sangat menantikan update software dari MIUI.
  4. MIUI Global Developer Version

    Terakhir adalah MIUI Global Developer version. Sama halnya dengan versi Chinese Developer, versi ini juga adalah versi pengembangan atau Beta dari MIUI Global Stable. Versi ini juga sudah dilengkapi dengan layanan Google. Update dari versi ini lebih awal dari versi Global Stable. Sama halnya dengan versi Chinese Developer, versi ini juga sering mendapatkan update setiap minggu untuk memperbaiki bug yang ada serta menambah beberapa fitur atau memperbaiki kinerja dari MIUI. Sebenarnya MIUI Developer version ada untuk mendengarkan aspirasi dari pengguna yang kemudian dikembangan secara bertahap hingga versi MIUI tersebut sudah siap dirilis sebagai versi Global Stable. Itu sebabnya versi Developer lebih awal mendapatkan update software daripada versi Stable.
Nah seperti itulah perbedaan dari keempat versi MIUI. Terkadang penjual yang tidak resmi menawarkan atau menjual produk Xiaomi dengan embel-embel ROM Global, namun sebagai konsumen kita harus lebih cerdik dari penjual. Teliti terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Sekian artikel atau tulisan mengenai versi MIUI, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Comments

Read other articles

TOSHIBA Pro Theatre L4300, Canggih dan Menghibur (Review TV TOSHIBA Pro Theatre L4300)